bsu

Bantuan Subsidi Upah Segera Cair, Begini Cara Cek Calon Penerima

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) masih salurkan bantuan pemerintah berbentuk subsidi upah atau bantuan gaji (BSU) ke buruh/pekerja.

Sampai sekarang, BSU sudah tersalurkan ke 7.163.043 penerima. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, ada perluasan BSU itu, BPJS Ketenagakerjaan sebagai kolektif data peserta sudah menyerahkan 8.283.364 data calon penerima BSU 2021. Jumlah itu telah meliputi penerima BSU lewat skema peluasan.

Kemenaker sudah menerbitkan peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 21 Tahun 2021 mengenai Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020 Mengenai Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berbentuk Subsidi Upah/Gaji Untuk Buruh/Pekerja Dalam Pengatasan Imbas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Permenaker 21/2021 itu sebagai ketentuan perluasan penerima BSU tahun 2021, mengiingat masih ada sisa anggaran BSU tahun 2021.

Untuk memeriksa apa Anda memiliki hak atas bantuan subsidi gaji dapat lakukan langkah-langkah ini:

1. Buka situs bsu.kemnaker.go.id.
2. Daftar akun Jika karyawan belum mempunyai akun karena itu wajib melakukan pendaftaran. Melengkapi pendaftaran akun. Selanjutnya, pengaktifan akun dengan memakai OTP yang akan dikirim lewat pesan text pada nomor handphone yang Anda daftarkan.
3. Log in ke akun yang didaftarkan.
4. Melengkapi profile tahapan ini, karyawan disuruh untuk lengkapi biodata diri Anda terhitung status pernikahan dan tipe lokasi dibarengi photo profile.
5. Cek pemberitahuan, Anda akan memperoleh pemberitahuan apa termasuk “Calon penerima BSU” atau sekedar hanya tulisan “Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021”, yang maknanya Anda tidak tercatat sebagai calon penerima bantuan sejumlah Rp 1 juta itu.
6. Sesudah ada pernyataan itu, untuk yang disebut penerima BSU akan kembali mendapatkan pemberitahuan pendistribusian yang dapat dilihat di website Kemenaker dan masuk memakai akun yang Anda daftarkan.
7. Pemberitahuan pendistribusian tertulis “Dana BSU 2021 Tersalurkan”.

Baca Juga  Waspada Penipuan Berkedok Bantuan Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *