bsu

7,7 Juta Calon Penerima BSU Batch 2 2021 Dicoret, Berikut Alasannya

7,7 juta penerima BSU batch 2 November dan Desember 2021. Segera cek namamu di 3 link BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan. Pada BLT Subsidi Gaji batch 2, ada 1,6 juta pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan dapat BSU di November dan Desember.

Adapun anggaran BLT Subsidi Gaji batch 2 berasal dari sisa dana PEN yang kemudian dialihkan kuota tambahan BSU ke pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan.Bila masuk daftar penerima BSU batch 2, pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan akan dapat BLT subsidi gaji Rp1,2 juta dari Pemerintah.

BLT subsidi gaji sebagai program Pemerintah untuk membantu pekerja untuk bertahan di tengah pemberlakuan PPKM saat wabah COVID-19. Dalam program BSU, Pemerintah menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk menentukan peserta.

Tetapi yang harus dipahami, banyak pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan gagal dapat BSU batch 2 karena beberapa alasan.

Persyaratan penerima BSU 2021 sendiri WNI yang dibuktikan dengan NIK, tercatat sebagai peserta yang aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021 dan mempunyai gaji paling besar Rp3,5 juta.

Baca Juga  Peluang Bisnis Yang Cocok Saat Pandemi, simak selengkapnya !

Pekerja yang terima BSU harus juga bekerja di daerah PPKM level 3 dan lecel 4 dan diutamakan untuk mereka yang bekerja di bidang industri barang konsumsi, transportasi, property dan real estate, perdagangan dan jasa terkecuali pedidikan dan kesehatan.

Disamping itu, yang menerima BLT subsidi gaji diharuskan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, di mana kepesertaannya harus aktif sampai 30 Juni 2021.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengutarakan, Kemnaker sendiri telah terima 8.283.364 data calon penerima BSU 2021. Tetapi cuma 517.120 orang yang bisa lolos.

Dengan begitu, ada 7,76 juta pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan gagal dapat BLT subsidi gaji dari Kemnaker.

Berikut 3 alasan dicoret dari daftarpenerima BLT subsidi gaji:

1. Data belum masuk

pekerja penuhi syarat sebagai penerima BLT subisid gaji sesuai Permenaker Nomor 16 Tahun 2021, tetapi data pekerja belum masuk ke tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kementerian Ketenagakerjaan.

2. Rekening tidak valid

Pemicu tidak berhasilnya BSU Rp 1 juta ditransfer yaitu rekening pekerja yang dengan status dormant atau tidak valid. Tidak benar ini bisa muncul karena rekening penerima bukan rekening bank Himbara.

Baca Juga  Tips Mudah Guru Honorer Daftar PPPK 2021, Simak Selengkapnya !

Bila itu terjadi, pekerja tidak perlu cemas, Kemnaker akan lakukan pembukaan rekening secara kelompok supaya BSU Rp 1 juta dapat ditransfer ke yang menerima.

3. Terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain

Sudah diketahui salah satu persyaratan jadi penerima BSU ialah sedang tidak jadi penerima bantuan lain seperti BST, PKH, dan Bantuan sosial sembako BPNT. Untuk alasan ke-4, BSU subsidi gaji tidak akan turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *