BPUM

Pelaku Usaha Gagal Lolos BPUM, Siap-siap Daftar BPTKLW

Para Pelaku usaha mikro (UMKM) yang tidak lolos BPUM berpeluang mendapatkan uang Rp1,2 juta dari bantuan lain. Pemerintahan kembali mengangarkan dana untuk menolong sektor perdagangan, khususnya untuk UMKM yang tidak dipastikan sebagai penerima BPUM atau BLT UMKM.

Baca Juga  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Sebab pemerintah mengeluarkan BTPKLW untuk UMKM terimbas wabah dan belum terima bantuan apapun termasuk BPUM. Adapun besaran bantuan sama, yakni sebesar Rp1,2 juta. Walau demikian ada persyaratan dan langkah yang perlu dipenuhi. BTPKLW sebagai kepanjangan dari Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung. Awalnya sekitaran 12,8 juta UMKM tercatat sebagai penerima BPUM.

7 Bantuan Pemerintah yang cair desember 2021

Karena masih banyaknya pedagang yang menginginkan bantuan tetapi tidak lolos BPUM, di bulan September pemerintah lakukan ujicoba pendistribusian BTPKLW di Kota Medan, Sumatera Utara. Sampai sekarang ini wilayah lain di semua Indonesia mulai salurkan BTPKLW yang mempunyai target 1 juta penerima sampai bulan Desember atau akhir tahun 2021.

Baca Juga  Lebih Dulu Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

Warga bisa lakukan cek penerima BPUM melalui link https://eform.bri.co.id/ namun belum ada sistem online yang memfasilitasi BTPKLW.

Berikut persyaratan agar dapat BTPKLW:

– Masyarakat Negara Indonesia

– Mempunyai KTP

– Profesinya sebagai PKL atau pemilik warung kecil

– Mempunyai SKU atau NIB

– Belum terima BPUM

– Mempunyai photo dokuemntasi aktivitas usaha

Baca Juga  Bansos Token Gratis PLN Diperpanjang

Adapun langkah registrasi cukup dengan bawa beberapa document persyaratan, yakni KTP/KK, NIB/SKU, dan photo dokumentasi melakukan aktivitas usaha. Nanti peserta akan disuruh isi formulir di Kantor. Ikuti panduan dari petugas sampai proses pencairan BTPKLW.

Begitu persyaratan dan langkah bisa BTPKLW Rp1,2 juta bila pelaku usaha tidak lolos BPUM atau BLT UMKM.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *