bansos

7 Bantuan Pemerintah yang Cair Desember 2021

Ada tujuh bantuan yang bisa cair bulan Desember 2021 beserta kuota dan link sampai laporan realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca Juga  Manfaat Asuransi Jiwa

Kemenkeu lewat Sri Mulyani barusaja merilis pencapaian PEN pada 25 November 2021 kemarin. Ia melaporkan distribusi bantuan di sejumlah sektor serta anaggaran dan kuota.

Cara Daftar 7 Program Bantuan yang Cair Bulan Desember 2021

Menkeu menjelaskan realisasi anggaran klaster pelindungan sosial (perlinsos) sudah capai Rp338,2 triliun atau sekitaran 91,85 % APBN. Tetapi masih tetap ada beberapa bantuan yang dapat cair bulan Desember 2021.

Baca Juga  Perbandingan Asuransi Mobil

Berikut 7 jenis bantuan yang bisa cair sampai bulan Desember 2021

1. Banpres BPUM atau BLT UMKM

Banpres BPUM menjadi satu diantara target bantuan pada tahun 2021, karena kuota yang ditarget capai 12,8 juta penerima dan diutamakan ke pelaku usaha micro di semua Indonesia.
Berdasar up-date paling terakhir dari Kemenkeu, bantuan sebesar Rp1,2 juta ke setiap penerima ini baru tersalur ke 12,71 juta orang. sehingga sekitar 90 ribu pemilik KTP masih tercatat sebagai calon penerima BPUM.
Segera cek laman https://eform.bri.co.id/bpum untuk lakukan cek penerima. Bila dipastikan bisa lolos, warga dapat cairkan uang Rp1,2 juta di Bank BRI sampai bulan Desember.

Baca Juga  BPUM Bisa Dicairkan Bulan Desember 2021, Cek Nama Kamu Disini

2. BTPKLW

Selain BPUM, pemerintah sediakan anggaran untuk bidang perdagangan. BTPKLW khusus dikasih ke PKL dan pemilik warung kecil di seluruh Indonesia mulai September sampai Desember.
Adapun kuota yang diberi mengarah ke 1 juta orang dengan besaran bantuan Rp1,2 juta. Pendaftaran tidak dilaksanakan dengan cara online, tetapi langsung mendatangi ke Kantor Polisi satu tingkat Polres di daerah semasing.
Sementara cara mendaftar perlu bawa dokumen KTP, KK, NIB/SKU, dan photo yang memperlihatkan sedang melakukan kegiatan usaha. Bantuan ini diprioritaskan untuk warga yang belum terima BPUM.

Baca Juga  BTPKLW Cair Hingga Desember, Begini Cara Daftarnya

3. Kartu Prakerja

Uang non-tunai ataupun lebih dikenali dengan insentif bisa cair ke penerima Kartu Prakerja. Asal, peserta telah menyesaikan pelatihan online yang dibeli dengan saldo Prakerja sebesar Rp1 juta.
Jika sudah selesai ikuti pelatihan maka sertifikat digital akan keluar dan jadwal insentif akan ada di dasbor. Segera login akun prakerja.go.id.

Jumlah insentif yang diberi sebesar Rp2,55 juta, terbagi dalam insentif pelatihan Rp2,4 juta (cair 4 bulan dengan besaran Rp600 ribu /bulan), dan insnetif survei (cair 3x dengan besaran Rp50 ribu per pengisian survei).

klik disini untuk cek nama kamu

Baca Juga  Asuransi Kesehatan Terbaik

4. BSU atau BLT Subsidi Gaji

BSU atau BLT Subsidi Gaji sebagai program yang khusus dikasih ke karyawan/pekerja/pegawai penerima gaji. Besaran bantuan ialah Rp1 juta ke tiap penerima.
Kemnaker bersama BPJS Ketenagakerjaan menarget BSU cair ke 8,7 juta pekerja sampai tahun akhir. Sementara untuk karyawan nasabah Bank swasta dapat lakukan aktifasi rekening sampai 15 Desember 2021 bila mendapatkan pemberitahuan di link Kemnaker.

Baca Juga  Cara Cek Nama Penerima BSU Subsidi Gaji

5. PKH

Porgram keluarga Harapan (PKH) tahun 2021 mengarah ke 10 juta KPM di semua Indonesia. Bantuan di bawah komando Kemensos ini diberi dengan besaran yang lain setiap kelompok masyarakat.
Ada tujuh barisan yang bisa terima PKH, yakni ibu hamil, anak balita, pelajar sekolah (SD, SMP, SMA), kaum disabilitas berat dan kelompok lansia 70 tahun ke atas.
PKH tahapan 4 direncanakan cair bulan Oktober, November, sampai Desember. Bantuan ini diberi setahun 4x ke keluarga miskin.

klik disini untuk cek pkh

Baca Juga  Manfaat Asuransi Kesehatan

6. BPNT/Kartu Sembako

BPNT atau Kartu Sembako sebagai Bantuan dengan paket paling banyak yakni capai 18,8 juta KPM dengan besaran Rp200 ribu /bulan ke tiap KPM atau Keluarga Penerima Manfaat.

Diambil dari situs kemensos.go.id, Bantuan Pangan Non Tunai mempunyai proses pemberian dana untuk KPM lewat akun electronic yang cuma untuk beli bahan pangan di pedagang/e-warong yang bekerja bersama dengan Bank.

cek BPNT disini

Baca Juga  Hosting Murah Indonesia

7. Diskon Listrik PLN

PLN memilih untuk memperpanjang diskon biaya listrik sampai bulan Desember 2021 dengan syarat dan ketentuan. Calon yang menerima diputuskan lewat daya yang dipakai oleh tiap rumah tangga.
Bantuan listrik PLN ini berlaku ke kelompok rumah tangga yang menggunakan daya 450 VA (dapat memperoleh potongan harga 50 %) dan rumah tangga dengan daya 900 VA (dapat memperoleh potongan harga sejumlah 25 %).

 

Cara Daftar 7 Program Bantuan yang Cair Bulan Desember 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *