HP KENA AIR

7 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Setiap barang elektronik misalnya smartphone pasti tidak lepas dari persoalan, umumnya yang biasa terjadi adalah jatuh atau kemasukan air. Smartphone yang terkena atau kemasukan air dapat membuat kita kuatir, karena air bisa berpotensi merusak komponen yang ada dalam smartphone sampai membuat mati keseluruhnya dan tidak bisa digunakan kembali. Jika ini terjadi pada kamu, tak perlu khawatir dan kuatir! Ada beberapa cara tangani HP kemasukan air yang bisa kamu coba sebelum bawa ke tempat servis. Berikut cara dan panduan lengkap untuk tangani handphone yang kemasukan air.

Walau saat ini sudah banyak mulai vendor yang hasilkan handphone dengan standar IP68 atau kemampuan tahan pada air, tapi masih tetap smartphone tidak bisa selamat jika air masuk ke komponen di dalamnya. Secara umum, air memang menjadi musuh untuk pemilik barang elektronik seperti smartphone. Kamu bisa dengan cara tidak sengaja menumpahkan air ke atas smartphone atau jatuhkan smartphone ke genangan air dalam.

Jika tidak ditangani secara benar, HP yang kemasukan air bisa mengalami kerusakan akut. HP bisa mengalami risiko monitor putih, ada kerusakan atau error, dan mati keseluruhnya. Nah, kamu bisa mencoba cara-cara berikut untuk tangani smartphone yang terkena atau kemasukan air.

1. Langsung Angkat HP dari Dalam Air

Air bisa masuk ke dalam komponen ponsel melalui celah-celah sempit seperti lubang jack earphone atau charger. Jika ponselmu terjatuh ke dalam genangan air, tentunya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah langsung mengangkat ponsel dari dalam air secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang berhasil merembes masuk ke dalam ponsel. Jika ponselmu terkena tumpahan air, segera jauhkan dari sumber air tersebut. Dan jika terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu baru ambil ponsel untuk menghindari risiko kamu kesetrum.

Baca Juga  Tips Jitu, 5 Cara Menghilangkan Iklan di Video YouTube

2. Jangan Langsung Menyalakan HP

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah jangan langsung menyalakannya. Kebanyakan orang yang panik akan langsung menyalakan ponsel untuk mengecek apakah ponsel tersebut masih tetap bisa berfungsi normal dan tidak terkena kerusakan parah karena air.

Padahal, saat terkena atau terendam air, kemungkinan besar air sudah ada yang masuk ke dalam beberapa bagian ponsel. Sehingga besar kemungkinannya jika langsung kamu nyalakan, akan rentan terjadi korsleting yang merusak ponsel lebih jauh. Jika ponsel berada dalam keadaan hidup, juga segera matikan langsung untuk menghindari risiko tersebut.

3. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Langkah berikutnya, segera lepaskan komponen yang dapat dilepas. Jika ponselmu masih bukan tergolong jenis baterai tanam, kamu bisa segera melepaskan baterai, kartu SIM, dan memory card yang terpasang di ponsel. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di area-area tersebut. Jangan lupa untuk melepaskan case atau cover dan casing ponsel yang terpasang untuk membantu memberikan “jalan keluar” bagi air dan memudahkan proses pengeringan.

Baca Juga  Tips iPhone: Find My iPhone, melacak iPhone yang hilang

4. Keringkan Seluruh Bagian HP

Kemudian keringkan semua bagian ponsel baik luar maupun dalam. Yang pertama harus kamu pastikan segera kering adalah bagian layar atau LCD. Sebab bagian ini adalah yang paling rentan rusak jika terkena air. LCD berisi filamen lunak dan umumnya tidak tahan pada kelembaban air, dan jika dibiarkan basah terlalu lama bisa muncul titik atau flek hitam di bagian layar LCD ponsel.

Kamu bisa menggunakan lap kering yang mudah menyerap air atau menggunakan penghisap udara seperti vacuum cleaner. Tapi jangan mengarahkan corong terlalu dekat karena bisa menghasilkan listrik statis yang tentunya lebih berbahaya dari air. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari langsung juga tidak disarankan karena terlalu panas dan juga bisa merusak LCD atau layar bila dijemur dengan bagian depan menghadap atas.

5. Kubur HP ke Dalam Beras Beberapa Hari

Salah satu cara mengeringkan HP yang kemasukan atau terkena air adalah dengan merendamnya di beras kering. Cara unik ini terbilang cukup ampuh, sebab beras memiliki sifat menyerap kelembapan yang membantu penyerapan air dari dalam ponsel dengan lebih cepat dan mudah. Berikut langkah yang tepat untuk merendam ponsel yang terkena air di dalam beras:

Baca Juga  Manfaat Utama Cahaya Matahari Untuk Kehidupan

Ambil kantong plastik atau ziplock, isi dengan satu mangkok sedang beras kering dan bersih
Letakkan bagian-bagian ponsel seperti baterai, kartu SIM dan memori, serta bagian bodi ponsel ke dalam kantong tersebut
Ikat atau tutup dengan kencang
Diamkan selama setidaknya 2-3 hari, baru kemudian cek apakah ponsel bisa dinyalakan.

6. Gunakan Silika Gel untuk Menyerap Kelembapan

Selain beras, kamu juga bisa menggunakan silika gel karena sama-sama memiliki sifat menyerap kelembapan. Pada perangkat elektronik, silika gel juga dipercaya mampu mencegah kondensasi atau pengembunan. Hampir sama dengan cara mengeringkan menggunakan beras, kubur bagian-bagian ponsel yang sudah lepas di dalam tumpukan silika gel. Diamkan selama beberapa hari untuk memastikan semua air sudah terserap dan benar-benar kering.

7. Manfaatkan Pasir Kucing Bersih

Kalau kamu memelihara kucing di rumah, kamu juga bisa menggunakan pasir kucing yang masih bersih untuk menghilangkan air yang masuk ke dalam ponsel. Ambil sekitar satu mangkuk besar pasir kucing (pastikan masih bersih), lalu masukkan ke dalam wadah baskom atau kantong plastik, kubur semua bagian ponsel yang sudah terlepas dan diamkan selama beberapa hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *