speaker kena air

5 Cara Efektif Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara tangani speaker HP kemasukan air dapat dilaksanakan dengan bermacam tipe cara sampai semua komponen bekerja dengan normal kembali. Speaker memang salah satu segi HP yang paling sensitif ditambah lagi jika terkena air.

Air yang masuk ke speaker biasanya karena saat HP terkena air hujan atau tercebur karena kesalahan pengguna itu. Speaker sebenarnya adalah komponen HP yang bisa diganti, tapi sebaiknya jika diperbaiki dengan manual terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Saat air masuk ke speaker, komponen yang ada dalam belum tentu akan langsung rusak. Ada kesempatan air yang masuk menggenang, sampai membuat suara pecah atau terhambat. Karenanya lebih baik untuk usaha untuk hilangkan lebih dahulu.

Pada beberapa kasus memang HP atau speaker yang terkena air bisa kembali dengan normal sendirinya, tergantung dengan tingkat keparahan. Tapi jika speaker Anda belum kembali normal setelah terkena air, karena itu anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Bongkar Casing dan Baterai

Cara ini berlaku untuk pengguna HP yang tidak menggunakan baterai tanam. Biasanya air atau debu yang ada di dalam HP akan hilang dengan sendirinya jika diberikan udara. Anda hanya perlu untuk melepas casing, baterai, dan perangkat lain yang memungkinkan menghambat masuknya udara.

Baca Juga  Tips DANA: Tarik Saldo Dana Goals 2021

Setelah itu, diamkan HP selama kurang lebih 24 jam lalu coba kembali untuk menggunakan speaker yang sebelumnya kemasukan air. Jika masih belum normal berarti harus menggunakan cara lain untuk mengeringkan speaker yang terkena air.

2. Keringkan Speaker dengan Hair Dryer

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang kedua adalah dengan menggunakan hair dryer. Terlebih bagi Anda yang tidak menggunakan HP dengan baterai tanam, tinggal melepaskan casing lalu mengarahkan hair dryer ke bagian yang masih basah.

Kelebihan menggunakan hair dryer adalah Anda bisa mengatur suhu panas sebelum mulai mengeringkan HP. Selain itu, hair dryer juga bisa diarahkan secara langsung ke area speaker yang terkena air.

Berikut panduan lengkapnya:

  1. Atur suhu panas pada hair dryer ke yang paling rendah agar tidak merusak komponen HP.
  2. Arahkan ke bagian speaker, bisa juga untuk mengarahkan ke bagian lain yang memang masih basah.
  3. Beri jeda ketika sedang mengeringkan dengan hair dryer karena sebenarnya HP didesain untuk berada di tempat dengan suhu maksimum 35 derajat celcius.
  4. Setelah selesai mengeringkan diamkan HP selama 5-10 menit terlebih dahulu.
  5. Coba hidupkan kembali HP dan cek apakah gangguan yang sebelumnya terjadi pada speaker masih ada.
Baca Juga  Cara Memblokir HP yang Hilang, Tips iOS dan Android

3.  Jemur di Tempat Hangat

Menjemur smartphone juga bisa menjadi solusi untuk mengeringkan genangan air yang ada dalam komponen. Jika memungkinkan lepas terlebih dahulu semua casing pada HP dan baterai agar tidak menghambat proses pengeringan.

Namun, apabila HP Anda adalah jenis HP dengan baterai tanam, cukup arahkan bagian speaker ke sumber suhu hangat sehingga air yang masuk dapat kering dengan cepat.

Yang perlu anda perhatikan adalah, maksimum suhu panas yang dapat ditolerir oleh perangkat smartphone rata-rata maksimal 35 derajat celcius.

Berikut cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang baterai tanam:

  1. Siapkan sebuah tempat yang terkena sinar matahari dengan suhu yang hangat.
  2. Letakan HP di tempat tersebut dan diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  3. Jangan mencoba speaker secara langsung, namun dinginkan terlebih dahulu selama beberapa menit.
  4. Setelah proses pendinginan coba hidupkan HP untuk memutar audio dan coba apakah masalah suara speaker sudah jelas atau belum.

4. Bersihkan dengan Klip Kertas

Membersihkan genangan air pada lubang speaker juga patut untuk dicoba, debu yang menghambat suara speaker bisa juga dibersihkan. Namun, pastikan Anda membersihkan lubang speaker secara perlahan agar tidak merusak komponen yang ada di dalamnya.

Baca Juga  Cara Download dan Memakai Aplikasi Whoscall

Meskipun cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air ini cukup efektif, namun anda juga harus berhati-hati. Karena jika anda tidak berhati-hati dalam membersihkannya, maka bukannya kembali normal namun justru speaker HP menjadi rusak dan tidak berfungsi.

6. Meletakkan HP ke Dalam Beras

Selain memanfaatkan kipas angin, cara lain yang terhitung aman adalah dengan menggunakan beras. Pada dasarnya beras memiliki sifat untuk menyerap air, alhasil bisa digunakan untuk mengeringkan komponen speaker yang terkena air.

Caranya cukup mudah dan sama sekali tidak beresiko, Anda hanya perlu menyiapkan semangkuk beras kemudian kubur HP selama beberapa waktu. Agar proses penyerapan maksimal, disarankan untuk mengubur beras selama 1-2 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *