error live instagram

6 Cara Mengatasi Suara Tidak Muncul Saat Live Instagram

Sama dengan facebook dan youtube yang mempunyai fitur live, instagram mempunyai fitur itu. Tetapi, kadang fitur instagram ini kerap memiliki persoalan. Salah satunya permasalahannya ialah tidak ada suara saat lakukan streaming langsung.

Ada banyak argumen kenapa ini terjadi, baik karena factor intern seperti versus instagram yang lama, atau factor external bawaan handphone seperti speaker hancur.

Tetapi tenang saja, saya sudah catat cara-cara menanganinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Ada Suara Saat Live Instagram

1. Matikan Mute Mode

Salah satu masalah instagram pada iPhone, ketika instagram tidak bersuara, bisa jadi hal itu karena mute modenya  aktif.

Untuk mematikannya adalah dengan menggeser switch ke atas  yang terdapat pada iPhone hingga tidak tampak garis berwarna orange. Pastikan volume suara sudah cukup terdengar dengan menekan tombol volume atas.

2. Update Instagram ke Versi Terbaru

Faktor utama yang banyak menyebabkan masalah pada instagram adalah karena versi instagram yang usang. Hal ini wajar terjadi karena biasanya ada bug yang tertinggal di aplikasi versi lama.

Baca Juga  10 Game Offline Popular 2021, Seru dan Anti Boring!

Maka dari itu disarankan untuk mengupdate aplikasi ke versi terbaru agar semua masalah teratasi.

3. Laporkan Masalah

Sama seperti facebook, Anda bisa melaporkan kesalahan yang terjadi pada Instagram. Jika pada video live instagram Anda tidak terdapat suara, sementara semua konfigurasi telah menunjukkan bahwa suara telah bekerja, maka saatnya Anda melaporkan kesalahan tersebut pada pihak Instagram.

Anda bisa mencari menu laporan pada pengaturan Instagram, selanjutnya pihak Instagram akan mendiagnosa terlebih dahulu apakah itu memang murni kesalahan dari aplikasi, maka tim akan segera memperbaikinya.

4. Restart Ponsel

Anda juga bisa merestart ponsel, karena biasanya kerusakan seperti itu karena sistem ponsel yang error. Dengan merestart ponsel (mematikan kemudian menyalakan kembali/memulai ulang), maka kemungkinan besar masalah suara hilang saat live ini bisa teratasi.

5. Hapus Cache dan Data Instagram

Selanjutnya anda bisa menghapus cache dan data instagram. Caranya masuk ke Pengaturan > Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi instagram, klik hapus cache dan data. Maka aplikasi instagram anda akan kembali ke pengaturan default dalam keadaan akun log out.

Baca Juga  Cara Membatalkan Langganan Getcontact Premium di Android dan iOS

Setelah itu log in kembali dengan akun instagram anda. Berikutnya coba lakuka live dan coba suara sudah terdengar atau tidak.

6. Cek Speaker Hp

Terakhir anda bisa mengecek speaker hp. Anda bisa mengeceknya dengan memutar musik pada youtube maupun MP3 player, apakah suara terdengar atau tidak.

Jika terdengar, maka bisa anda simpulkan speaker anda normal, dan aplikai instagramnya yang memang error. Namun jika speaker handphone tidak terdengar, artinya speakernya memang rusak dan saya sarankan agar anda menservisnya segera.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *